Membuat Home Theater dengan Laptop/PC

XBMC apakah anda sudah pernah mendengarnya ?????????????

Idenya adalah untuk memiliki bioskop rumah (Home Theater) melalui jaringan lokal tanpa kabel (WiFi). Jadi tayangan yang ditonton sebenarnya diambil secara streaming melalui jaringan intranet tanpa kabel (Wireless) yang medianya disimpan di server tersebut. Jadi client tidak perlu mengkopi file tersebut, cukup melakukan streaming dari server.

Konfigurasi ini sudah pernah saya uji coba lama sekali, cuma baru sekarang bisa ditulis. Client bisa menginstal XBMC, jadi bisa menonton tayangan media secara streaming dari server intranet tersebut.
Akhirnya jadilah seperti berikut ini:


TV
XBMC yang diinstal di laptop client sebagai Home Media Player yang terhubung dengan layar LCD TV.
Jadi setiap akan menonton media tertentu (film, musik atau foto), client tinggal membuka XBMC dan mengkonfigurasikan XBMC tersebut agar membaca media yang ada di server intranet tersebut. Di dalam server intranet, folder-folder yang akan di share tinggal diatur saja akses sharingnya, agar client bisa leluasa mengakses media yang ada di server tersebut. Jika menggunakan Windows sebagai server, protokol yang paling mudah digunakan untuk sharing adalah Samba. Jadi tinggal memasukan saja alamat IP server tersebut di laptop client dan langsung bisa mengakses media tersebut, sangat mudah sekali untuk mengkonfigurasikannya. Jika menggunakan Linux, bisa juga menggunakan protokol Samba/NFS untuk sharingnya.

Home server
Home Media Server yang terhubung dengan ADSL dan WiFi akses point.
Di server tersebut sebenarnya hanya membutuhkan akses file sharing saja. Folder-folder yang akan dishare dengan XBMC client tinggal dibuka akses sharingnya. Itu saja yang dibutuhkan… Mudah sekali… Setelah selesai, tinggal menikmati saja… :smile: [peace]

No comments:

Post a Comment